Sabtu, 26 Desember 2015

7 Tips penyimpanan bahan pangan di kulkas

7 Tips penyimpanan bahan pangan di kulkas
Beberapa bahan pangan sayur dan buah menjadi rusak pada suhu penyimpangan yang terlalu rendah. untuk itu harus diperhatikan penggunaan suhu yang tepat agar kandungan nutrisinya tetap baik, segar dan tidak rusak secara fisik.

1. Kulkas sebaiknya dipasang pada suhu 4 derajat Celcius atau kurang. Suhu ini cukup membantu memperlambat proses enzimetik dan pertumbuhan bakteri, tetapi tidak terlalu dingin untuk mempengaruhi kualitas makanan dengan adanya kristal es yang terbentuk, ada baiknya memasang termometer guna memastikan suhu yang cukup rendah bagi keamanan pangan.


2. Selalu tutup makanan dalam lemari es. udara di dalam kulkas sangat kering, sehingga makanan akan mudah kering, kehilangan kualitas, dan menjadi tidak menarik dalam waktu singkat.

3. Suhu kulkas meperlambat proses enzim dalam makanan dan juga reproduksi bakteri. Hal ini meperpanjang kualitas, rasa, dan tekstur makanan, serta menjaga makanan aman lebih lama. patut diperhatikan bahwa kulkas tidak membunuh bakteri dan tidak dapat memperbaiki kualitas makanan.

4. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. Pastikan selalu ada ruang yang cukup untuk antar makanan yang bisa membuat udara bebas bersikulasi di antaranya. Dengan begitu, suhu akan lebih merata.

5. Gunakan termometer kulkas untuk mengecek suhu kesegaran dan rak - rak. Bagian paling dingin dalam kulkas bukan tempat penyimpanan makanan yang rentan seperti daun selada dan buah lembut misalnya pepaya.

6. Makanan yang perlu didinginkan Sebaiknya dimasukkan ke kulkas setidaknya dalam waktu 2 jam setelah dimakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

7. Bersihkan kulkas secara berkala. Buang sayur, buah, dan makanan yang sudah tidak dapat dikonsumsi.

Semoga bermanfaat Bagi bidadari penjaga rumah .

Jangan Lupa Membaca 10 Hal penting dalam konsumsi makanan Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar