Jumat, 25 Desember 2015

10 Hal Penting dalam konsumsi Makanan Sehat

10 hal penting dalam konsumsi makanan sehat
Dalam mengonsumsi sayuran ataupun buah, walaupun kandungan nutrisi sayur dan buah sangatlah baik untuk kesehatan, namun seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat bahan - bahan yang terlibat dalam produksi bahan makanan tersebut yang berbahaya bagi kesehatan. selain itu, proses pengolahan bahan makanan pun mempengaruhi kualitas nutrisi yang di kandungnya.



Apa saja yang perlu di perhatikan sebelum mengkonsumsi buah dan sayur bagi kesehatan tubuh kita?



1. Mewaspadai Bahan Pestisida pada buah dan sayur

Pestisida merupakan zat atau campuran bahan kimia yang di gunakan untuk mencegah hama Pada tanaman buah dan sayur. Pestisida digunakan untuk mengendalikan, menolak membasmi hama penyakit. dengan tanda kutip dalam jumlah tertentu

2. Tidak merendam sayuran mentah dalam air atau mencuci buah terlalu lama

Tindakan ini dapat menyebabkan vitamin yang larut pada air akan hilang, Vitamin yang larut di dalam air adalah vitamin B dan C. Vitamin B sangat berperan di dalam proses metabolisme tubuh.

3. Mewaspadai bahan buah dan sayuran transgenik.

Tanaman itu merupakan hasil rekayasa gen dengan cara disisipi satu atau sejumlah gen, Gen yang dimasukkan itu - disebut Transgene.  Contoh Pada proses membuat jagung Bt tahan hama.

4. Mewaspadai adanya parasit

untuk sayuran yang hendak di makan mentah atau lalapan atau buah buahan, hendaknya diperhatikan benar kebersihan sayuran dan buah tersebut. penyakit yang berpotensi menyerang di antaranya :

a. Cacingan
b. Typhus abdominalis
c. Disentri
d. Infeksi enterokolitis
e. Infeksi jamur

5. Mewaspadai buah buahan impor

Masyarakat kita pada umumnya menganggap bahwa makanan impor biasanya berkualitas. Namun ternyata ini tidaklah selalu benar. Bahkan temuan terakhir menunjukkan bahwa buah buahan impor yang dikirim ke tanah air waktunya tidak bertepatan dengan musim panen buah yang bersangkutan. Hal ini mengidentifikasi bahwa buah tersebut adalah buah awetan yang sudah tidak lagi segar.

6. Memperhatikan penyimpanan pada suhu dingin

penguunaan suhu rendah dalam pengawetan tidak dapat membunuh bakteri

7. Tidak semua bahan nutrisi berkurang dengan dimasak.

memang kebanyakan bahan sayuran kandungan nutrisinya berkurang dengan dimasak. Akan tetapi ada beberapa yang kandungan nutrisinya bertambah justru dengan pemasakan, salah satunya adalah tomat, dimana kadar Likopennya akan bertambah dengan pemasakan.

8. Memilih bahan yang tepat jika memasak menggunakan Microwave

Microwave Bukanlah barang yang asing bagi sebagian rumah tangga. Namun ada hal yang perlu diperhatikan bahan apa saja yang sebaiknya dihindari untuk dimasak menggunakan microwave.

9. Tidak membiarkan buah terlalu matang

Buah yang terlalu matang akan meninggalkan indeks glikemik secara drastis. hal ini tidak baik bagi penderita diabetes, juga tidak baik bagi mereka yang mengonsumsi buah untuk diet.

10. Tidak semua buah harus di kupas kulitnya.

ini penting untuk diperhatikan, mengingat kulit buah merupakan sumber serat alami yang mengandung banyak manfaat bagi kesehtan. Di samping kulit buah juga memiliki kandungan fiokimia yang sebagiannya justru tersimpan dalam jumlah besar dibanding yang ada di dalam daging buahnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar